Test Kemampuan Gaming Hardware PC Secara Online

Saturday 3 March 2012
Halo, mau tanya nih.. GTA IV bisa gak ya dimainin dikomputer saya? PC saya spesifikasi hardwarenya bla bla bla bla….“, “Saya mau beli CD/DVD game PES 2009, kira-kira bisa gak ya jalan di laptop saya yang speknya cuma bla bla bla..“, “Bulan ini saya mau upgrade hardware supaya bisa main game GTA 4, spesifikasi hardware yang paling pas apa sih?“.
Pertanyaan diatas sering DHINATACOM terima melalui email maupun komentar diblog ini. Sebenarnya untuk mengetahui apakah laptop dan PC kita bisa memainkan sebuah game adalah dengan membaca keterangan system requirement game (sistem yang diminta) yang biasanya ada dibagian cover game dan file Readme. Tidak sulit bagi gamer yang mengerti seluk beluk hardware PC untuk memastikan kemampuan PC-nya dalam memainkan game tertentu, namun ternyata cukup sulit bagi para pemula.
Salah satu cara untuk menguji kemampuan gaming dari sebuah Laptop atau PC sekarang bisa dilakukan secara online. Cukup dengan menggunakan browser, Kamu bisa langsung mengetahui hardware mana dari komputer Kamu yang perlu diupgrade atau dimaksimalkan. Ok, sebelum membeli CD/DVD game ada baiknya Kamu baca artikel ini terlebih dahulu, dari pada sudah beli tapi tidak bisa dimainkan karena spesifikasi PC yang kurang, sayangkan.. heheh

Can You RUN It? – Test Kemampuan Gaming PC Kamu Sekarang!

Apa itu Can You RUN It? Situs ini menyediakan aplikasi online untuk menguji (benchmark) komputer Kamu meliputi hardware dan software untuk menentukan apakah sistem Kamu saat ini dapat atau tidak dapat menjalankan sebuah game. Setiap komponen komputer Kamu dievaluasi untuk melihat seberapa baik memenuhi persyaratan minimum dan dianjurkan untuk game tertentu. Situs tersebut juga dapat merekomendasikan bagian mana dari hardware milik Kamu yang perlu diupgrade dan diperbarui drivernya.

Langkah-Langkah Untuk Melakukan Test

Sebelum System Requirements Lab dapat menganalisis komputer Kamu, Kamu harus memberikan izin pada browser untuk mendownload sebuah ActiveX atau Java Plug-in komponen SysReqLab.cab atau disebut SRLApplet dari Husdawg, LLC. Kamu mungkin perlu menonaktifkan Pop-up bloker pada browser untuk menggunakan layanan ini.
  • Pertama, pilih produk game yang ingin kamu “tantang” untuk menguji PC Kamu. Ada berbagai game kelas berat yang bisa Kamu pilih seperti: Devil May Cry 4, WOW Wrath of the Lich King, Call of Duty: World at War dan game lainnya. Dalam contoh ini DHINATACOM memilih produk Grand Theft Auto IV – PC. Kedua, klik tombol [Can You Run It?].
  • Tidak lama kemudian browser Kamu akan mengistall komponen ActiveX. Jika ada pertanyaan “Apakah kamu mau mengistall ActiveX ini?” (tentunya dalam bahasa Inggris) jawab saja dengan Yes.
  • Tunggu kira-kira 1-3 menit tergantung kecepatan koneksi Internet Kamu. Jika sudah selesai Kamu bisa melihat hasilnya. Contoh dari hasil testnya bisa Kamu lihat pada gambar dibawah ini:
can you run it? Test GTA 4 PC
Screenshot diatas adalah hasil test dari Laptop yang saat ini saya gunakan untuk mengetik artikel ini. Tentu saja karena Laptop ini bukan laptop khusus gaming maka hasilnya tentu saja mengecewakan kalau dipaksa memainkan game GTA 4 PC. Berbagai komponen yang ditest meliputi kecepatan CPU/Processor, RAM, Sistem Operasi, VGA, driver VGA, Sound Card, driver sound card, dan kapasitas kosong pada harddisk. Khusus pada bagian VGA card terlihat lebih detil sehingga jika kamu punya rencana upgrade VGA, belilah VGA yang memiliki versi Vertex Shader dan Pixel Shader juga Video RAM sesuai dengan yang disarankan.
Jika hasil analisis pada komponen ditandai oleh check list berwarna hijau (Pass) , berarti komponen tersebut memenuhi persyaratan. Jika ditandai oleh tanda silang berwarna merah (Fail) maka sebaiknya jangan memaksakan sistem Kamu untuk memainkan game tersebut.
Nah, sebelum beli CD/DVD game silahkan test kemampuan gaming laptop dan PC Kamu! ayuk
Oya, pada waktu melakukan test gunakan PC atau Laptop yang Kamu gunakan untuk bermain game, jangan test PC warnet ya.. hehe.. ide

0 comments:

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))